Pengendalian Hama Tikus

Long-term strategy that works.

Perilaku Tikus

Perilaku dari tikus adalah bait shyness, kecurigaanya terhadap hal yang baru, sehingga tikus tidak mudah dijebak atau di beri racun bila mereka melihat bahwa tikus lainnya mati karena memakan racun tersebut seketika. Selain itu tingkat adaptasi tikus sangat tinggi sehingga penggunaan electromagnet untuk mengusir tikus hanya akan efektif untuk beberapa saat saja.

Dalam kondisi ideal, sepasang tikus dapat berkembang biak menjadi 2.000 ekor per tahun. Perkembang biakan tikus sangatlah cepat, sekitar umur 1,5 hingga 5 bulan telah dapat berkembangbiak, setelah hamil selama 21 hari, setiap ekor dapat menghasilakan enam hingga delapan ekor anak, 21 hari kemudian pisah dari induknya dan setiap tahunnya seekor tikus dapat melahirkan hingga empat kali. Faktor yang sangat berpengaruh dalam pengembangbiakan tikus adalah   makanan.

Mencari makan pada malam hari dengan mengandalkan indera peraba dan penciumannya. Makanan favorit tikus adalah biji-bijian. Kerugian materi dan bahaya penyakit yang dapat ditimbulkannya merupakan hal yang perlu dipertimbangkan untuk mengendalikan perkembangannya.

Chemical    : Brodifakum. 0,005 %,

Jenis Tikus

Terdapat tiga spesies yang umum yaitu :

  1. Tikus Atap (Rattus Rattus)
  2. Tikus Rumah ( Mus Musculus) dan
  3. Tikus Got (Rattus Novergicus)

 

  Masalah yang ditimbulkan :

  1. Vektor penyakit (lebih dari 45 jenis penyakit), seperti : pes, salmonelosis (meracuni makanan dengan kotorannya), leptospirosis (terinfeksi penyakit oleh tikus ketika berenang atau mandi dengan air yang tercemar).
  2. Demam yang disebabkan oleh gigitan tikus serta keberadaannya yang mengganggu kehidupan manusia, khususnya keratan gigi depannya.
  3. Kontaminasi pada pangan.
titittiti
ttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt

We Help You Expand
Brand Influence

Globally.

Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas. Vestibulum tortor quam, feugiat vitae, ultricies eget, tempor sit amet, ante. Donec eu libero sit amet quam egestas semper.