Termite Control / Anti Rayap

Long-term strategy that works.

Termite control adalah suatu tindakan yang dilakukan guna mencegah timbulnya rayap pada bangunan dengan cara perlakuan kimiawi pada tanah, kaki pondasi/dinding,  dan komponen kayu : rangka plafon, kuda-kuda, kusen pintu, kusen jendela, dll (untuk bangunan telah berdiri : rumah tinggal, apartement, bungalow, boutique resort, perkantoran, pergudangan, restaurant, dll) dan galian pondasi / sloff  pondasi, sepatu pondasi, permukaan tanah lantai, serta komponen kayu ( bangunan mulai berdiri) sehingga dapat menambah umur serta fungsinya.

Adapun jenis rayap yang umum :

  1. Rayap Tanah ( Subterranean Termite )
    1. Microtermes
    2. Macrotermes
    3. Coptotermes
  2. Rayap Kayu Kering ( Drywood Termite )
  3. Rayap Kayu Basah ( Dampwood Termite )

Jenis Pengendalian Rayap :

  • Chemical Barrier System ( CBS )

Pengendalian rayap dengan metode perlindungan kimia disekeliling pondasi bangunan dengan sistem injeksi dan semprot.

Efektif untuk mengendalikan semua jenis rayap dibagi 2 yaitu :

  1. Pre-Construction Treatment :
  • Tahap pondasi ( sisi tembok/kaki tembok )
  • Tahap tanah lantai
  • Tahap komponen kayu
  1. Post-Construction Treatment:
  • Tahap pondasi
  • Tahap komponen kayu
  • Tanah sekeliling bangunan

R E K O M E N D A S I

Sehubungan dengan mulai terinfestasinya hama rayap tanah  (subterranean termite) pada beberapa lokasi bangunan tersebut besar kemungkinan rayap telah bersarang dan membuat koloni bawah tanah.

Sebagaimana lazim kita ketahui bahwa rayap mulai menyerang komponen bangunan bila cadangan makanan rayap (cellulose) dibawah bangunan (sisa – sisa kayu, serpihan kertas semen, bongkahan akar, dll) telah habis.

Melalui media retakan concrete pondasi dengan bantuan air liur rayap yang mengandung enzim sedikit demi sedikit meluluh lantakkan dinding bangunan lewat retakan-retakan concrete pondasi guna mencapai komponen bangunan yang mengandung (cellulose makanan utama rayap : kayu, kertas, karton, plastik, karet, dll)

Besar kemungkinan pula rayap mudah menyerang bangunan bila pelaksanaan bangunan rumah tersebut belum teraplikasi anti rayap pada tahap tanah bangunan serta pada komponen kayu sehingga rayap akan mudah merusak bangunan & komponen pendukungnya.

Menindaklanjuti hal tersebut kami merekomendasikan dilaksanakan tindakan aplikasi anti rayap secara menyeluruh atau lebih dikenal dengan “ TERMITE CONTROL FULL POISONING & TIMBER TREATMENT ”.

PELAKSANAAN  PEKERJAAN

Untuk Villa yang akan dibangun kami merekomendasikan pekerjaan dengan “ SISTEM PRE CONSTRUCTION TREATMENT ” yaitu pekerjaan pengendalian rayap pada saat bangunan belum jadi/didirikan. Spesifikasi pekerjaannya adalah sebagai berikut :

  1. Penyemprotan larutan termitisida pada dasar dan dinding lubang pondasi.
  2. Penyemprotan tanah galian/urugan pondasi.
  3. Penyemprotan larutan termitisida pada permukaan tanah sebelum di rabat beton atau sebelum pemasangan lantai/ubin.
  • Tahap pondasi / sisi tembok / kaki dinding :
  • Pengeboran sepanjang kaki pondasi / sisi dinding dengan     kedalaman 40 cm jarak antara satu titik dengan lainnya 40 cm.
  • Kedalaman titik tersebut dilakukan penyuntikan 5 liter solution anti rayap sehingga antara satu titik dengan titik lainnya menyatu membentuk ikatan rintangan kimiawi ( barrier system ) agar rayap tidak dapat menembus bangunan lewat retakan concrete pondasi.
  • Setelah titik lubang terisi larutan anti rayap dilakukan tindakan penutupan dengan semen, gips, dan material lain yang serupa dengan ubin.
  • Tahap permukaan tanah yang tertutup lantai :
  • Pengeboran dengan kedalaman minimal 40 cm pada setiap 1 m2 luas bangunan.
  • Kedalaman titik tersebut dilakukan penyuntikan 5 ltr solution anti rayap sehingga antara satu titik dengan titik lainnya menyatu membentuk ikatan rintangan kimiawi ( Barrier System ) agar rayap tidak dapat menembus bangunan lewat retakan concrete pondasi.
  •  Setelah titik lubang terisi larutan anti rayap dilakukan tindakan penutupan dengan semen gips dan material lain yang serupa dengan ubin.
  • Penyiraman di atas lantai sampai lantai tergenang sehingga larutan chemical masuk / meresap ke dalam lantai.
  • Tahap komponen kayu bangunan :
  • Pada seluruh komponen kayu ( terutama rusuk, reng dan kuda – kuda utama ) dilakukan tindakan penyemprotan secara merata pada permukaan komponen kayu tersebut sehingga chemical meresap dan melapisinya.
  • Tahap komponen kayu bangunan diaplikasikan anti rayap mengingat serangan rayap ( rayap kayu & rayap tanah ) pada bangunan parameter utamanya telah terserangnya komponen kayu baik kusen pintu, jendela, list kayu dll. terutama pada lapisan kayu.
  • Pada setiap sudut kayu pintu yang menempel pada dinding dilakukan tindakan pengeboran dan penginjeksian agar chemical meresap maksimal diantara kayu dan dinding bangunan.

We Help You Expand
Brand Influence

Globally.

Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas. Vestibulum tortor quam, feugiat vitae, ultricies eget, tempor sit amet, ante. Donec eu libero sit amet quam egestas semper.